Saturday 10 March 2012

Tugas Kelompok 1 ( Psikologi Pendidikan )

Nama Anggota :
Rifany Saragih ( 11-064 )
Priscilla D.R.S ( 11-096 )
Eldaa Kristy ( 11-072 )

Pandangan dan penilaian kelompok kami sehubungan dengan kewajiban setiap mahasiswa yang mengikuti mk.psikologi pendidikan untuk memiliki email dan blog, ditinjau dari uraian psikologi pendidikan dan fenomena pendidikan di Indonesia, Medan khususnya.
  • Sesuai dengan definisi psikologi pendidikan, yaitu cabang ilmu psikologi yang membantu pengajar atau proses pembelajaranserta memberi kontribusi untuk menghantar anak-anak meraihmasa depan yang baik. Dengan diwajibkannya mahasiswa untuk memiliki blog dan email, maka hal ini mau tidak mau akan memaksa sang mahasiswa untuk mempelajari hal-hal baru, dimana email dan blog dapat membantu mahasiswa lebih baik dalam proses pembelajaran di kampus, maupun pada aktivitas di luar kampus.
  • Mahasiswa pun bertambah pengetahuannya dalam dunia teknologi dan mahasiswa dapat mengembangkan kreativitasnya, contohnya dapat dilihat bahwa dengan kewajiban membuat blog, mahasiswa jadi memiliki wadah untuk menuangkan ide-ide dan pikirannya, dan berkreasi, dan lebih terdorong untuk berpikir hal-hal yang lebih luas hal yang mungkin selama ini tidak terbesit. Seperti menurut John Dewey anak-anak juga harus diajari cara untuk berpikir dan beradaptasi dengan dunia di luar sekolah. Diharapkan dengan email dan blog mahasiswa dapat beradaptasi dan mengikuti pekembangan IPTEK di luar sana.
  • Dan tentu saja email dan blog memudahkan mahasiswa maupun dosen dalam proses pembelajaran di dalam perkuliahan baik dalam mengirim materi dan pengumpulan tugas sehingga lebih praktis dan lebih hemat waktu. Mahasiswa pun lebih bersemangat dalam proses belajar karena hal ini merupakan cara belajar yang berbeda, karena kami sendiri merasa senang mendapat suasana belajar yang baru.
  • Pada fenomena pendidikan di Medan, masih sangat jarang sekolah/universitas yang mewajibkan siswanya untuk memiliki blog dan email. Karena itu menurut kelompok kami, kami termasuk beruntung pada mk.pendidikan ini, karena jika tidak diwajibkan mungkin kami tidak akan mengenal dunia blog, dan tidak memaksimalkan fungsi email sebagaimana mestinya.
  • Karena itu menurut kelompok kami alangkah baiknya apabila penggunaan email dan blog dapat lebih digalakkan di Medan karena manfaatnya yang dapat membantu siswa/mahasiswa dalam proses belajar maupun mengikuti perkembangan teknologi di luar sana.

0 comments:

Post a Comment