Thursday 31 May 2012

Hasil Survey Online "Blended Learning" Psikologi Pendidikan

Di bawah ini merupakan hasil tugas individu mata kuliah Psikologi Pendidikan untuk membuat survey secara online. Saya memilih tema "Blended Learning" dan membuat 7 poin pertanyaan dalam kuisioner online gratis yakni kwiksurvey.com. Berikut adalah respon dari 50 orang teman-teman yang mengambil mata kuliah Psikologi Pendidikan, yang bersedia berpartisipasi :

1. Apakah anda pernah mengikuti sistem pembelajaran Blended Learning?
Ya
 40
 80%
Tidak
 10
 20%








Berdasarkan hasil di atas, mayoritas mahasiswa/i yang berpartisipasi mengisi kuisioner sudah pernah mengikuti sistem pembelajaran Blended Learning dan 20% mengaku tidak pernah mengikutinya.


2. Apakah anda menyukai sistem pembelajaran Blended Learning?
 
Ya
 41
 82%
Tidak
 9
 18%




Berdasarkan hasil di atas, mayoritas mahasiswa/i yang berpartisipasi mengisi kuisioner menyukai sistem pembelajaran Blended Learning dan 18% tidak menyukainya.


3. Apakah anda mempunyai komputer/laptop/gadget untuk mendukung proses pembelajaran Blended Learning?
 
Ya
 48
 96%
Tidak
 2
 4%




Berdasarkan hasil di atas, mayoritas mahasiswa/i yang berpartisipasi mengisi kuisioner mempunyai komputer/laptop/gadget untuk mendukung sistem pembelajaran Blended Learning dan hanya 4% yang tidak mempunyai.


4. Apakah sistem Blended Learning membuat anda lebih bersemangat belajar?
 
Ya
 31
 62%
Tidak
 19
 38%




Berdasarkan hasil di atas, mayoritas mahasiswa/i yang berpartisipasi mengisi kuisioner lebih bersemangat belajar dengan menggunakan istem pembelajaran Blended Learning dan 38% lainnya tidak.


5. Apakah dosen anda pernah menjelaskan tentang sistem Blended Learning?
 
Ya
 44
 91,67%
Tidak
 4
 8,33%




Berdasarkan hasil di atas, mayoritas mahasiswa/i yang berpartisipasi mengisi kuisioner mengaku bahwa dosen pernah menjelaskan tentang sistem pembelajaran Blended Learning dan hanya 8,33% yang mengatakan tidak pernah.


6. Menurut anda, apakah sistem Blended Learning sudah merata di Indonesia khususnya di kota Medan?
 
Ya
 3
 6%
Tidak
 47
 94%




Berdasarkan hasil di atas, mayoritas mahasiswa/i yang berpartisipasi mengisi kuisioner menyatakan bahwa sistem pembelajaran Blended Learning di Indonesia khususnya di Medan belum merata dan hanya 6% yang menyatakan sudah merata.


7. Pentingkah untuk anda menerapkan sistem Blended Learning dalam perkuliahan?

Ya
 42
 84%
Tidak
 8
 16%




Berdasarkan hasil di atas, mayoritas mahasiswa/i yang berpartisipasi mengisi kuisioner merasa penting untuk menerapkan sistem pembelajaran Blended Learning dalam perkuliahan dan 16% tidak merasa penting untuk diterapkan.


Testimonial
Membuat survey online merupakan hal yang baru bagi saya. Menurut saya, survey online lebih menghemat biaya, transportasi dan juga mengurangi pemakaian kertas. Survey online ini juga dapat membuat mahasiswa/i berkreasi, dapat menghemat waktu juga karena cuma dengan klik dan ketik di setiap poin-poin pertanyannya. Selain itu, survey ini lebih mudah disimpulkan karena sudah secara otomatis menghitung hasil dari tiap-tiap partisipan. Setelah blog, gtalk, dan sekarang membuat survey online, sangat menambah wawasan, pengalaman, dan pengetahuan saya di bidang teknologi untuk pendidikan. Terima kasih :)

0 comments:

Post a Comment